.

Senin, 04 Februari 2013

Olahraga yang Cocok untuk Wanita

Olahraga - Olahraga merupakan syarat mutlak yang harus dilakukan oleh seorang wanita maupun pria untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Dengan olahraga kita bisa mendapatka berjuta manfaat. Apalagi untuk kaum hawa. Sebagai seorang wanita, kita harus bisa memilih olahraga yang cocok untuk kita. Memang semua olahraga itu baik, namun tidak ada salahnya kan memilih olahraga yang tepat untuk kita?

Olahraga memang bagus, namun sebenarnya tidak semua olahraga itu cocok dan sesuai dengan kondisi tubuh kita. Misalnya olahraga yang berlebihan justru akan merugikan kita lho !! Olahraga yang berlebihan akan memberikan dampak yang negatif, yaitu:
  1. Badan menjadi cepat capek , letih dan lemas
  2. Beberapa persendian mengalami nyeri
  3. Karena tubuh yang terlalu lelah, maka kita akan menjadi sulit tidur
  4. Detak jantung menjadi lebih cepat dan membutuhkan waktu lama untuk menormalkan kembali paska berolahraga
  5. Nafsu makan hilang karena olahraga yang berlebihan bisa meningkatkan produksi hormon epinefrin dan norepinefrin. Tugas hormon ini adalah untuk menghambet selera makan.
  6. Siklus haid menjadi tidak teratur

Setelah kita tahu bahwa olahraga yang berlebihan bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh, sekarang saatnya kita tahu sebenarnya bagaimana sih olahraga yang tepat untuk kita?
Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika berolahraga, yaitu:
  1. Jangan lupa!! Lakukan pemanasan yang tepat sebelum melakukan latihan inti. Manfaat pemanasan ini adalah untuk mencegah kram, meregangkan otot dan mengurangi resiko cedera saat berolahraga.
  2. Pakai sepatu khusus untuk olahraga, karena sepatu ini memang dirancang untuk berolahraga yang tentunya aan memberi keamanan dan kenyamanan untuk pemakainya katika berolahraga. Jangan lupa pilih yang sesuai dengan ukuran kaki anda.
  3. Lakukan olahraga secara teratur, 2-3 kali seminggu. Jangan terlalu memberi beban bagi tubuh. Sesuaikan dengan kondisi tubuh anda.
  4. Jangan sampai lupa, lakukan pendinginan agar tubuh tidak kaget. Pendinginan berfungsi untuk menormalkan kembali organ di dalam tubuh setelah berolahraga.
  5. Setelah berolahraga, istirahat sebentar untuk menormalkan kembali peredaran darah sehingga  menghindari otot kaku dan menurunkan sushu tubuh. Saat beristirahat kaki harus dalam keadaan selonjor atau diluruskan dan tubuh tidak bersandaran di dinding, cukup menyangga tubuh dengan kedua tangan.
  6. Jika terjadi cedera, segera lakukan penanganan dan jangan ditunda-tunda agar cedera cepat terobati.

Itu tadi sekilas informasi tentang Olahraga untuk Wanita. Selamat Mencoba!!!

Tetap Sehat !!!
Tetap Semangat !!!
(^_^) 

Sumber: 123 Tips Simpel, Cantik, Awet muda dan Sehat denagn Herbal