.

Kamis, 07 Februari 2013

Penyakit Hepatitis A, Gejala dan Pengobatannya

Penyakit Hepatitis A - Hepatitis adalah suatu jenis penyakit yang menyerang organ hati manusia. Hepatitis dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu hepatitis A, B, C, D, E dan yang baru-baru ini ditemukan adalah Hepatitis G.

Sebelum kita membahas tetang penyakit hepatitis, ada baiknya kita mengetahui dulu apa fungsi organ hati, karena jika seseorang mengidap penyakit hepatitis, tentu fungsi organ hatinya akan terganggu.

Fungsi Organ Hati adalah:
  1. Mengatur zat-zat penting dalam tubuh 
  2. Menghasilkan empedu untuk metabolisme
  3. Menyimpan nutrisi yang penting bagi tubuh seperti vitamin dan mineral
  4. Menghasilkan zat-zat penting yang berperan dalam proses pembekuan darah bila terjadi luka
  5. Menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh kita

Setelah kita mengetahui fungsi organ hati, mari kita lanjutkan lebih jauh mengenal penyakit hepatitis. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang penyakit hepatitis A.

Apa itu penyakit Hepatitis A?

Penyakit hepatitis A adalah penyakit hepatitis yang di sebabkan oleh virus (HAV).  HAV dapat ditularkan dengan makan makanan atau minum air yang telah terkontaminasi oleh kotoran individu yang terinfeksi. HAV memiliki masa inkubasi 10 sampai 40 hari. Ini adalah waktu dari paparan virus sampai timbulnya penyakit ini. Gejala pertama termasuk hilangnya nafsu makan, membenci rokok, mual, sakit otot dan sendi dan demam ringan. Kemudian termasuk gejala menguningnya kulit (dalam istilah kedokteran disebut jaundice), selaput lendir, dan urin gelap. Lamanya penyakit ini biasanya dua sampai tiga minggu, tetapi setiap orang dapat tetap bergejala untuk beberapa bulan.

Apa gejala Penyakit Hepatitis A?

Pada umumnya penderita gangguan hati tidak merasakan sakit. Tapi gejala awal dapat ditandai dengan gejala yang menyerupai flu, nyeri otot dan sendi, demam, mual dan muntah, diare, dan sakit kepala.

Langkah pertama bila terjadi hal demikian adalah segerakan periksa ke dokter. Apalagi bila nafsu makan berkurang, warna kulit dan mata menjadi kekuningan, warna urine menjadi lebih gelap, serta sakit di perut terutama bagian kanan atas.

Pengobatan Penyakit Hepatitis
Sebagai langkah lanjut pengobatan hepatitis A, dokter biasanya akan memberi nasihat tentang vaksinasi untuk rumah tangga dan kontak dekat lainnya. Selanjutnya langkah diagnosis dibuat berdasarkan tes antibodi, yang akan menunjukkan adanya antibodi terhadap virus hepatitis A dalam darah pasien. Antibodi IgM menunjukkan infeksi baru (atau vaksin) dan antibodi IgG menunjukkan infeksi sebelumnya atau vaksinasi yang sukses. Tes darah untuk fungsi hati akan mengungkapkan keparahan kerusakan hati dan dimonitor sampai pemulihan. Mereka dengan hepatitis berat mungkin membutuhkan pemantauan masuk rumah sakit untuk rawat inap.

Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal Hepatitis yang terbuat dari bahan alami, tanpa bahan pengawet dan bahan kimia, sehingga lebih aman bagi tubuh.

LARANGGA MBOJO, OBAT HERBAL HEPATITIS. Terbuat dari bahan alami, tanpa bahan pengawet dan bahan kimia, sehingga tidak menimbulkan efek samping.

Pencegahan Penyakit Hepatitis

Pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Untuk mencegah penyakit tersebut datang menyerang, lakukanlah hal-hal sebagai berikut.
  1. Menjaga kebersihan (hygiene) diri 
  2. Makan dan minum yang sudah dimasak sampai matang
  3. Hindari narkoba dan kurangi konsumsi alkohol
  4. Setia pada pasangan masing-masing
  5. Jangan memakai jarum suntik secara bergantian
  6. Tingkatkan stamina tubuh dengan olahraga, makanan yang bergizi, dan suplemen kesehatan bila perlu.

Pencegahan lebih awal akan mengurangi resiko gangguan fungsi hati yang lebih parah. Itu tadi informasi tentang Penyakit Hepatitis A, Gejala dan Pengobatannya. Semoga Bermanfaat !!!