.

Kamis, 14 Februari 2013

Waktu Minum Teh yang Tepat

Minum Teh - Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat teh secara maksimal, kita harus memperhatikan  aturan dan waktu minum teh yang tepat. Terutama dalam membantu menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan tubuh.

Selain memperhatikan aturan minum teh, kita juga harus memperhatikan waktu minum teh yang tepat karena jika tidak tepat justru minum teh akan menghambat penyerapan zat besi.

Waktu yang tepat untuk minum teh yaitu: 
  • Beberapa jam setelah makan.
Mengonsumsi teh sebaiknya tidak bersamaan dengan waktu makan utama, baik ketika sarapan, makan siang maupun makan malam. Hal ini dikerenakan zat tanin dalam teh dapat menghambat penyerapan zat besi. Sebenarnya hampir semua lauk yang kita konsumsi mengandung protein dan zat besi. Misalnya ayam, udang, ikan dan sebagainya. Jika konsumsi itu dibarengi dengan minum teh maka penyerapan zat besi oleh tubuh akan terhambat. Jika dilakukan terus-menerus tentu akan menyebabkan anemia, kurang konsentrasi dan sebagainya. Disarankan mengonsumsi teh beberapa jam setelah makan. Misalnya ketika sarapan pukul 07.00 maka teh bisa dikonsumsi pukul 10.00.
  • Saat istirahat.
Memasuki waktu istirahat siang ataupun sore, umumnya konsentrasi sudah menurun sehingga tubuh terasa lelah setelah beraktivitas sejak pagi. Minum teh bersama biskuit disiang hari bisa membangkitkan semangat dan mengusir stres. Sehingga selesai beristirahat, tubuh akan menjadi lebih segar, stres hilang dan konsentrasi kembali. Kandungan kafein dalam teh bisa membantu menghilangkan kantuk sehingga tubuh menjadi lebih segar. Kandungan L-Theanin dalam teh juga bisa mengusir stres dan kegelisahan sehingga perasaan menjadi lebih rileks dan menyenangkan.
Tipe Orang yang sebaiknya menghindari teh

Meskipun teh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, namun tidak semua orang boleh mengonsumsi teh. Ada beberapa orang yang sebaiknya menghindari konsumsi teh, karena bisa menghambat penyerapan zat besi.

Orang-orang yang sebaiknya menghindari minum teh: 
  1. Ibu hamil.
  2. Orang lanjut usia
  3. Penderita penyakit tertentu seperti diabetes, sebaiknya jangan menambahkan gula atau susu ke dalam teh.
  4. Untuk anak-anak, hindari minum teh berdekatan dengan waktu makan, minum susu dan konsumsi vitamin. 
  5. Orang yang memang rentan mengalami anemia atau kekurangan darah.

Jika ingin minum teh, sebaiknya benar-benar memperhatikan waktu mengonsumsinya. Misalnya, tidak bersamaan atau tak berapa lama setelah makan makanan utama dan berbarengan dengan minum suplemen penambah darah.

Teh juga mengandung kafein (meski tidak sebanyak pada kopi) namun jika dikonsumsi terus menerus dalam jangka panjang, kafein yang bisa menghilangkan kantuk tentu akan mengganggu pola tidur dan menurunkan stamina tubuh. Selain itu kafein juga bisa meningkatkan asam lambung yang menyebabkan perut sebah jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

Itu tadi informasi mengenai Waktu Minum Teh yang Tepat. Baca juga Khasiat Teh untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga Bermanfaat !!