.

Jumat, 08 Februari 2013

Penyakit Hepatitis B, Gejala dan Pengobatannya

Hepatitis B - Penyakit Hepatitis B adalah suatu jenis penyakit hepatitis yang diakibatkan oleh virus hepatitis (HBV). Virus hepatitis masuk kke dalam tubuh dan menyerang organ hati sehingga hati tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Sekitar 2 milyar penduduk dunia terinfeksi virus hepatitis B dan 350 juta diantaranya hidup dengan infeksi kronis. Setiap tahun ada lebih dari 4 juta kasus hepatitis B akut dan 25% manjdi kanker kronis. 1 juta orang setiap tahun meninggal akibat hepatitis kronis, sirrosis dan kanker hati.

Hepatitis merupakan virus yang menular. Virus hepatitis dapat menular melalui darah dan cairan tubuh manusia. Beberapa penularan yang umum terjadi dinegara berkembang :
  1. Perinatal (dari ibu kepada bayinya saat melahirkan).
  2. Infeksi pada masa kanak-kanan akibat kontak dengan anggota keluarga yang menderita hepatitis B.
  3. Pengguna jarum suntik yang tidak aman.
  4. Tranfusi darah dan kontak seksual

Pengobatan

Penyakit Hepatitis yang disebabkan oleh infeksi virus dapat menyebabkan sel-sel hati mengalami kerusakan sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Pada umumnya, sel-sel hati dapat tumbuh kembali dengan sisa sedikit kerusakan, tetapi penyembuhannya memerlukan waktu berbulan-bulan dengan diet dan istirahat yang baik.

Hepatitis B akut umumnya sembuh, hanya 10% menjadi Hepatitis B kronik (menahun) dan dapat berlanjut menjadi sirosis hati atau kanker hati. Saat ini ada beberapa perawatan yang dapat dilakukan untuk Hepatitis B kronis yang dapat meningkatkan kesempatan bagi seorang penderita penyakit ini. Perawatannya tersedia dalam bentuk antiviral seperti lamivudine dan adefovir dan modulator sistem kebal seperti Interferon Alfa (Uniferon).
Selain itu, ada juga pengobatan tradisional yang dapat dilakukan. Tumbuhan obat atau herbal yang dapat digunakan untuk mencegah dan membantu pengobatan Hepatitis diantaranya mempunyai efek sebagai hepatoprotektor, yaitu melindungi hati dari pengaruh zat toksik yang dapat merusak sel hati, bersifat anti radang, kolagogum dan khloretik, yaitu meningkatkan produksi empedu oleh hati. Beberapa jenis tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk pengobatan Hepatitis, antara lain yaitu
  1. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)
  2. Kunyit (Curcuma longa
  3. Sambiloto (Andrographis paniculata
  4. Meniran (Phyllanthus urinaria)
  5. Daun serut/mirten
  6. Jamur kayu/lingzhi (Ganoderma lucidum)
  7. Akar alang-alang (Imperata cyllindrica)
  8. Rumput mutiara (Hedyotis corymbosa)
  9. Pegagan (Centella asiatica
  10. Buah kacapiring (Gardenia augusta)
  11. Buah mengkudu (Morinda citrifolia
  12. Jombang (Taraxacum officinale).
Selain itu juga ada pengobatan Herbal lainnya seperti LARANGGA MBOJO, Obat Herbal Diabetes yang terbuat dari bahan alami, tanpa bahan kimia dan bahan pengawet sehingga aman bagi tubuh.

Itu tadi informasi tentang Penyakit Hepatitis B, Gejala dan Pengobatannya. Baca juga Penyakit Hepatitis A, Gejala dan Pengobatannya. Semoga Bermanfaat !!!

Sumber : berbagai sumber