.

Senin, 18 Februari 2013

Tips Merawat Payudara Ketika Hamil

Tips Merawat Payudara - Ketika seorang wanita menikah, kemudian hamil, itu adalah anugrah paling berharga yang tak ternilai harganya. Kehamilan adalah hal terindah yang tidak bisa dibeli dengan apapun. Kebahagiaan dan kesempurnaan debagai seorang wanita.

Ketika seorang wanita hamil, tentu tubuhnya akan mengalami perubahan, baik secara fisik maupun hormonal. Perubahan terjadi juga dengan bentuk payudara. Saat hamil, bentuk payudara wanita akan berubah. Payudara menjadi lebih kencang dan berisi. Merawat payudara selama hamil akan membuat produksi ASI menjadi berlimpah dan kualitasnya pun juga baik.

Tips Merawat Payudara Ketika Hamil

Ada 5 tips merawat payudara selama masa kehamilan, yaitu:
  • Trisemester awal (3 bulan awal kehamilan)
Anda harus memeriksa puting payudara anda. Periksa bagaimana bentuknya. Ada yang putingnya datar atau masuk ke dalam. Caranya pijat dasar puting payudara secara perlahan. Sebenarnya puting susu yang normal akan menonjol ke luar. Nah, apabila puting payudara anda cenderung datar atau malah masuk ke dalam maka harus dilakukan perbaikan supaya puting payudara bis keluar dan menonjol.

Caranya: Gunakan kedua jari telunjuk atau ibu jari, urut daerah di sekitar puting susu. Diurut ke arah berlawanan menuju ke dasar payudara sampai semua daerah payudara. Lakukan ini secara rutin. Sehari 2 kali selama 6 menit.
  • Usia kehamilan 6-9 bulan
Kedua telapak tangan dibasahi dengan minyak kelapa. Lalu lakukan pemijatan di daerah puting payudara hingga daerah sekitar puting susu yang memiliki warna lebih gelap (aerola mamae). Kompres dengan minyak kelapa selama 2-3 menit. Hal ini bertujuan untuk melunakkan semua kotoran yang menempel pada puting payudara agar lebih mudah ketika dibersihkan nanti. Ingat!! Jangan membersihkan menggunakan allkhohol karena hal ini akan membuat puting susu menjadi lecet dan luka.

Kemudian puting payudara dipegang lalu ditarik keduanya, diputar ke arah dalam dan ke arah luar (berlawanan jarum jam). Lalu pangkal payudara dipegang dengan kedua tangan dan diurut ke arah puting payudara sebanyak 30 kali dalam satu hari. Kemudian pijat kedua areola mamae hingga keluar 1-2 tetes. Setelah itu puting susu dibersihkan dengan handung yang kering hingga bersih.
  • Pemijatan Payudara
Caranya yaitu bersihkan kedua payudara dengan air kemudian pijat dengan memakai minyak. Pemijatan dilakukan dengan kedua tangan anda. Urut sekeliling payudara memutar searah jarum jam kemudian berbalik arah (berlawanan jarum jam). Kemudian lakukan pengurutan dari bawah menuju puting tapi puting tidak perlu dipijat karena puting tidak memiliki kelenjar. Usai memijat, ketuk-ketuk payudara dengan ujung jari.
  • Senam teratur
Caranya ambil posisi berdiri, tangan kanan memegang bagian lengan bawah kiri dekat siku, sebaliknya tangan kiri memegang lengan bawah kanan (seperti orang bersedakep). Lalu tekan dengan kuat ke arah dada dengan cara mempererat pegangan sehingga terasa tarikannya di dasar payudara. Kemudian lemaskan kembali. Lakukan 30 kali. Kedua, pegang bahu dengan kedua ujung tangan kemudian siku diputar ke depan sehingga lengan bagian dalam mengurut payudara ke arah atas. Diteruskan gerakan tangan ke atas ke belakang dan kembali ke posisi semula. Lakukan sebanyak 20 kali.
  • Memakai bra yang pas
Nah ketika hamil pasti payudara menjadi lebih besar, untuk mengatasi rasa tidak enak pada saat payudara membesar, pakai payudara yang sesuai dengan ukuran payudara kita. Jangan memakai yang terlalu ketat, atau malah terlalu longgar. Harus benar-benar pas sesuai dengan ukuran payudara saat ini dan dapat menopang perkembangan payudara.

Nah itu tadi Tips Merawat Payudara Ketika Hamil. Baca juga Olahraga Untuk Wanita.

Semoga Bermanfaat !!!
Selamat Menunggu Kelahiran buah hati :)